Searching...
Saturday, February 23, 2013

CARA "MEMPERBESAR" RAM PADA ANDROID

4:24 PM



Seperti kita ketahui, salah satu kelemahan pada OS android adalah memakan banyak RAM. Hal ini berpengaruh pada kinerja perangkat yang berjalan dengan OS android, apalagi jika perangkat yang digunakan memiliki RAM yang kecil.Beberapa teman saya yang menggunakan perangkat android pernah mengeluh, ketika dia menginstal banyak aplikasi perangkat androidnya menjadi sangat lambat/lag. Sebenarnya bukan karena memasang banyak aplikasi, lag disini disebabkan bertambahnya aplikasi yang running/berjalan secara background. Sehingga menambah beban multitasking buat prosesor dan memakan banyak ram, tapi jangan khawatir buat pengguna android dengan RAM kecil saya punya solusi yang saya dapat dari Juwe11 developer di forum XDA.

Baiklah, langsung ke pokok bahasan yaitu "Cara Memperbesar Ram pada Android". Memperbesar disini diartikan sebagai penambahan free memory, bukan menambahkan RAM secara hardware. Adapun trik yang akan saya jelaskan menggunakan kombinasi script dengan aplikasi RAM Manager buatan Juwe11, sebagai catatan untuk mengunakan trik ini android anda harus di-root terlebih dahulu karena disini kita akan mengakses file sistem dan untuk antisipasi lakukan juga NANDroid Backup.
Berikut ini langkah - langkahnya :

  1. Siapkan Peralatan yang kita perlukan yaitu : HP android yang sudah di-root, Root Explorer/Solid Explorer (dalam hal ini saya mengunakan Solid Explorer), RAMScript dan RAM Manager.
  2. Kalau peralatan sudah lengkap kita mulai, langkah kedua buka Root/Solid Explorer kemudian  kopi ramscript yang sudah kita download pada langkah pertama ke folder init.d yang berada di /system/etc/init.d jika belum ada anda bisa membuat folder baru dan beri nama init.d  
  3. Berikutnya set permition-nya menjadi -rwxr-xr-x atau samakan dengan permition pada file yang sudah ada di folder init.d (jika sudah ada). Pada beberapa kasus seperti pada perangkat nexus s milik saya kita juga harus mengganti nama file ramscript dari s97ramscript menjadi 97ramscript, tapi jika tampa rename script sudah berjalan dengan benar maka tidak perlu di-rename lagi.
  4. Restart perangkat anda dan lihat perbedaannya, sampai pada langkah ini free ram pada nexus s saya yang sebelumnya hanya 149mb bertambah menjadi 165 mb free ram.
  5. Masih kurang puas, lanjut ke langkah ke lima. instal aplikasi Ram Manger Pro (bisa di download di Play Store). kemudian pilih profile sesuai kebutuhan anda. Setelah memakai profile Balance (More Free Memory), set VM heap size dan swap file ke 128m saya mendapat 200mb free memory.
Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk memperbesar ram, namun sejauh ini saya merasa script dan aplikasi dari Juwe11 ini yang paling cocok dengan HP Android saya. Demikian trik yang bisa saya bagikan untuk kali ini, dan ucapkan selamat tinggal LAG....



Semoga Bermanfaat,

63 comments:

  1. Penge coba kira2 buat lenster ane bs g y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lenster?? Selama itu android Dan punya root akses, seharusnya bisa.
      :d

      Delete
  2. g' ada folder init.d gan @-)
    trus gimana cara bikin folder init.d ;((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang qo gan k'lo pake solid explorer masuk ke system root kemudian buka /system/etc/ pilih tanda plus di pojok kiri bawah, pilih folder baru. Untuk ganti nama sentuh tahan, pilih ganti nama.

      Delete
  3. Mantap tutorialnya
    terima kasih ingpo nya gan :d :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan... Salam man tap... :d

      Delete
  4. gak bisa nambah folder init.d ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. file explorernya pake apa ? root explorer atau solid explorer ? :-? ane rekomendasi solid explorer, gak ribet penggunaanya, klo pake root explorer system harus di-mount read and write dulu baru bisa ngerubah file di system. (o)

      Delete
  5. gan kok ane gk ada folder system sih ????

    ReplyDelete
  6. knapa gak bisa nmbah folder init.d pdahal saya udah pake solid explorer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hp nya dah punya root akses blom ? klo dah di-root harusnya seh bisa. (o)

      Delete
    2. berarti root itu seperti obat..klo sudah kena candu, sertivikat entr elang donk gan..;(
      klo boleh tau sudah banyak yg pake blm,:-d ane mau uji tapi masih ragu?

      Delete
  7. HH ane ga suport kernel Swap gmana nh gan??
    tetep bisa ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bisa... tap hanya sampai langkah ke 4 saja. (o) Script yg ane share disini hanya untuk mengoptimalkan RAM, lagian penggunaan swap file hanya efektif jika menggunakan sdcard kelas 10 :>)

      Delete
  8. saya pengen banget kaya gitu tpi hpku blum di root ;(( .
    pke unlock root macet pas di loadingnya ada solution lain gk.ke no ini aja ya aku new b andro
    083827016970

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk & tipe HP nya apa, karena untuk proses rooting berbeda untuk tiap merk dan tipe HP. (o)

      Delete
    2. gan, saya saranin make framaroot aja lebih gampang untuk semua jenis device
      termasuk HH saya Yang merknya maxtron T1

      Delete
  9. mas, di hh SE LWw ku gak bisa, udah di root juga, atau karena sdcard ku class 4 ya...

    ReplyDelete
  10. gan kalau saya hapus ram manager pro, apakah ramnya tetap besar

    ReplyDelete
  11. Om maaf saya gak bisa ngeroot tolongin sya gimana caranya untuk cepat ngeroot oh iya saya pake vandroid t1ci 4.0.4 tolong kalaunya bisatolong smskan cara root vandroid saya nie no hp saya :087814366353 mohon jawabannya secpatnya ;(( :-? ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he.. :d untuk cara rooting sebenarnya udah pernah ane bahas pada artikel di http://android4mi.blogspot.com/2013/03/unlock-bootloader-root-custom-recoveries-roms.html tapi untuk lebih spesifik ke device android agan silahkan menuju link dibawah ini
      https://www.kaskus.co.id/thread/508decb62d75b40a7a000026/official-lounge-advan-t1ci-----vandroid-t1ci/

      semoga membantu, (o)

      Delete
  12. aduhk gue pake croos a 20 ram nya kecil guhg ya ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. :d Andromeda yah ?! HP android ini memiliki RAM 256MB idealnya untuk perangkat android dengan prosesor 1GHz memiliki RAM 512MB, itulah alasan pihak vendor CROSS hanya memberi OS versi 2.3 Ginger Bread yang tidak begitu rakus akan RAM.

      Delete
  13. Izin gan, cara root tablet cyrus atom action dual core 3G ada nggak?

    ReplyDelete
  14. broo saya kg g bisa masuk ke sistem rootnya padahal hh ane udah saya root... saya jg sudah pake solid explorer

    ReplyDelete
  15. ttp gan ram ane ga nambah.
    udah tak ikutin cara nya smua.
    tp Vm ane coba 256
    ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. begini gan, sebenarnya script ini untuk efektifitas management RAM bukan menambah RAM sedangkan fungsi penambahan swap memory (pada cara kedua) itu harus didukung oleh ROM dan kernel yang support swap. thks :>)

      Delete
  16. thanks a lot Brother...
    You are The Best...

    ReplyDelete
  17. hp saya cross A20 downloàd game fast racing sukses....tp giliran dimaenin pas nyampe loading kok ga mau lanjut ya malah keluar sendiri........mhon dibantu ya

    ReplyDelete
  18. ane dah pake jellybean ko gan itu tom dah dkung swap kan?

    ReplyDelete
  19. saya pengguna baru hP saya andromax u. terkadang ada konfirmasi RAM tinggal 15%. itu maksudnya gimana ya & biar gak segitu lagi caranya gimana???

    ReplyDelete
  20. kok ane gabisa. hp ane dah di root. terus dah ngikutin semua cara. masih gabisa ;((

    ReplyDelete
  21. Klo cross A26 gmna cra root nya gan

    Blz scptnya

    ReplyDelete
  22. bro gimana cara biar tau klo script udah jalan,, soalny saya liat free ram saya msih segitu2 ja blom berubah :-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengetahui swap udah berjalan ketik free pada konsol/terminal emulator kalo lom ada terminal emulatornya install dulu dari playstore, kalo swap-nya jalan disitu akan terlihat nilai swap-nya bukan nol. kalo masih nol berarti rom/kernel ga suport swap.

      Delete
  23. bs mengakibatkan bootloop g gan?
    soalnya kmrn pas install tema zoom boot loop
    picopad 7 ggd

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo, ngikkutin langkah2nya dengan benar ga akan gan....

      Delete
  24. gan kalau cara mengubah permition-nya gmna ?
    ane pnya kenda nya di situ .
    hp nya galaxy young GT

    ReplyDelete
  25. gan nie uda berhasil! cuman kog ga nambah/kurang ya RAM nya? HH ane glmin #1 (tpi uda gnti CustomROM jb 4.2.2)
    mohon pencerahannya gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @-) Galmin dengan JB 4.2.2 cool... pertanyaan ane cusROM ma kernel agan suport init.d dan swap ga coba dilihat di change log develover-nya !! :>)

      Delete
  26. paling simple pake ram expander. bisa yg bwt "GB" juga bwt "JB". tinggal googling aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :d thks infonya gan, tapi disini ane nyari efektifitas. kalo kita pake aplikasi sebenarnya lebih gampang banyak aplikasi untuk mengatur penggunaan RAM asal jangan pake task killer, dengan menggunakan aplikasi berarti kita menambah beban penggunaan RAM dengan aplikasi itu sendiri. :p

      Delete
  27. micro sd minimal berapa gb?

    ReplyDelete
  28. gan...kan di android saya blom ada polder init.d nya kan ya..ketika saya mau bikin..gk bisa trus..operation failed..mohon pencerahannya gan ..big thanks

    ReplyDelete
  29. misi gan saya user andromax u bisa ga di pake scrip nya di hh ane ...

    ReplyDelete
  30. https://lh5.googleusercontent.com/-k6r8YBUhxVk/T2WEgBtjFtI/AAAAAAAACcE/U5U5uPCpxhttps://lh5.googleusercontent.com/-LZn6dX8GslQ/T2W30lpp_kI/AAAAAAAAChA/Ryhttps://lh5.googleusercontent.com/-nkyzLkHUPg8/T2WEYdFqFxI/AAAAAAAAChttps://lh5.googleusercontent.com/-PE2GWBseiGk/T2acYH_uNRI/AAAAAAAAChg/HloTeaRIdyQ/s36/09.gifaQ/Mu1yPq91yuc/s36/10.gifm2Ql5H-jU/s36/25.https://lh3.googleusercontent.com/-fMtAZDakmBI/T2WEXswr5BI/AAAAAAAACaA/83R1X_PumTk/s36/05.gifgifq8/s36/26.gif

    ReplyDelete
  31. https://lh5.googleusercontent.com/-u__sc3DgZ2c/T2d0_lDLueI/AAAAAAAACkw/YbeuRNde61Q/s36/03a.gif https://lh3.googleusercontent.com/-H8izCFTaHFE/T2b39mmu2NI/AAAAAAAACkM/k4bDdFe301U/s36/24.gif https://lh5.googleusercontent.com/-_NHYkuf5bZg/T2WEjOhTIxI/AAAAAAAACcg/76qRE27R_ig/s36/30.gif https://lh6.googleusercontent.com/-H20tIsy7Hvw/T2WEbDW0R7I/AAAAAAAACbE/DymXsZOmO3s/s36/18.gif

    ReplyDelete
  32. Gan kok yang gua harus 153 ke atas VM heap size nya?? 128 gk bisa. Gua mentokin tuh sampe poll jadi bisa !!!!!

    ReplyDelete
  33. mas gan UI cusrom nya keren rasa iphone, btw pke hh apa? cusrom nya? klo bs sya mw port framework nya..
    reply ke twitter blh? @vanmuse makasi ;)

    ReplyDelete
  34. cara set permitionnya gimana? ga ngerti. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  35. Makasih gan!!
    Lenovo a390 ku dapet 200 mb free memory
    .
    Makasih!!

    ReplyDelete
  36. gan ram ane awalnya 665 mb . ane dah lakuin cara agan yg pke juwe ram script itu . tp kog ramnya tetep gak nambah ya ?
    permissionnya udah ane rubah kya yg diatas . tolong pncrahannya gan . thx..

    ReplyDelete
  37. gan ane pke hh gayoung pke stock rom la fleur. .sd card 8 g

    pas eksekusi ram manager pro hh ane mlah bootlop
    2x ane coba tp ttp bootlop

    ad solusi gan?

    ReplyDelete
  38. permisi hp saya xperia e dual sudah di root. saya pake ram manager pro. saya VM heap size ke paling tengah gatau berapa m, saya penasaran tentang vm heap size jadi mencoba coba. kemudian restart trus nyala begitu nyala malah lambat hp saya setelah saya VM heap size saya 0 in trus restart lagi eh malah gabisa nyala hp nya loading di xperia nya kenapa ya kira? ada solusinya ga? terimakasih. saya sudah copot baterai tapi masih tetep ga nyala mohon dibales gan

    ReplyDelete
  39. android gingerbread bisa ga? spc s1 coral

    ReplyDelete
  40. thank's gan ram gue udah lega awalnya cuma free 96 MB sekarang udah jalan di 150 MB,... :))

    ReplyDelete
  41. gila gan masa pas gue mau download di playstore gamau sih ram managernya

    ReplyDelete
  42. Kok gak nambah ya ramnya di hh a20g itu script ber extensien txt ya

    ReplyDelete

IKLAN